Agustus 06, 2008

Berita Calcaneus





LATAR BELAKANG
Bencana tidak henti-hentinya menimpa bangsa Indonesia. Market of disaster merupakan suatu gelar yang seolah-olah telah melekat erat dan menjadi simbol bagi negara kita sebagai akibat dari berbagai bencana yang terjadi beberapa tahun terakhir sehingga sewajarnya semua pihak berpikir untuk mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam usaha penanggulangan bencana. Permasalahan ini tentu saja telah menjadi permasalahan global, melibatkan berbagai bidang ilmu dan keterampilan, dimana bidang kesehatan selalu menjadi fokus perhatian dalam penanggulangan bencana. Meskipun demikian, koordinasi di setiap lini menjadi sangat penting dilakukan untuk menciptakan sebuah sinergisme dalam memberikan bantuan sosial kemanusiaan. Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk menciptakan sinergisme tersebut kita tidak hanya dengan bermodalkan skill dibidang medis saja, tetapi juga dengan pengalaman, mental, dan kemampuan manajemen dalam penanggulangan bencana serta kasus emergency lainnya.

Berdasarkan hasil Musyawarah Besar yang termakhtub dalam Garis-garis Besar Haluan Organisasi yang tentu saja mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, yang menyatakan bahwa untuk tiga tahun kedepan Tim Bantuan Medis Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dapat menjadi unit pelaksana pengembang bidang kegawatdaruratan pada tingkat institusi kegawatdaruratan di Sulawesi Selatan, tentu saja hal ini menambah daftar tugas berat disamping dari yang disebutkan di atas, dan harus diselesaikan oleh seluruh anggota. Atas pedoman tersebutlah maka Badan Pengurus untuk periode kali ini menyusun suatu program kerja yang salah satunya adalah program pendidikan dan latihan yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas anggota, mengacu pada prioritas jangka pendek organisasi untuk tahun ini.


Berdasarkan data dari hasil evaluasi tiga tahun terakhir, ternyata kejadian bencana di Indonesia pada umumnya dan di Sulawesi Selatan pada khususnya, mengalami peningkatan yang ditandai dengan peningkatan jumlah penurunanan tim medis untuk kasus-kasus emergency. Sayangnya peningkatan kebutuhan tersebut tidak disertai dengan peningkatan kualitas anggota yang cendrung stagnan atau malah mengalami penurunan.

SASARAN kegiatan ini adalah anggota 011 dan 012 TBM Calcaneus

Tidak ada komentar: