Mei 16, 2008

BULETIN TBM CALCANEUS CAWU III


redaction ZONE
Salam Persaudaraan…
Akhirnya muncul juga buletin TBM edisi ketiga ini. Setelah lama tertunda kemunculannya!! Di buletin edisi ketiga ini berisi banyak berita yang menarik, baik yang berhubungan dengan kegiatan yang telah dilakukan TBM dari bulan Ferbruari sampai Mei, juga mengenai info-info lainnya. So.. kebayar deh penantian para pembaca sekalin dengan info-info yang akan didapat dari buletin ini!!!!!!
Menjelang Akhir Mei ini, akan berakhir pula Kepengurusan Badan Pengurus TBM Calcaneus Fakultas Kedokteran UNHAS. Tepatnya akan dilakukan Laporan Pertanggungjawaban Cawu III pada hari Jumat, 16 Mei 2008 dan Musyawarah Besar XI pada tanggal 27 Mei 2008.
Apa sebenarnya Musyawarah Besar itu dan apa yang akan dihasilkan dari kegiatan tersebut??? Temukan jawabannya di sini agar dapat ikut berperan serta secara aktif dalam Musyawarah Besar XI TBM calcaneus Fakultas Kedokteran UNHAS dan mengawal perjalanan dari hasil Musyawarah Besar tersebut.
Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk teman-teman yang telah banyak membantu sehingga buletin ini dapat terbit, mungkin masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan di dalamnya karena itu kami sangat membutuhkan kritikan dan saran dari pembaca sehingga buletin ini dapat menjadi suatu bacaan yang lebih baik. Akhir kata : “Let’s see TBM from here”.
Buletin ini dapat dibaca pada www.tbmcalcaneusfkunhas.blogspot.com
By : KESEK TBM


Mubes ZONE
Setiap tahunnya TBM Calcaneus FK-UNHAS mengadakan suatu acara besar yang bernama Musyawarah Besar TBM Calcaneus FK-UNHAS. Mungkin banyak yang sudah tau bahwa Musyawarah Besar (MUBES) XI TBM Calcaneus akan diadakan pada tanggal 27 Mei – 1 Juni 2008, tapi apakah semua sudah tau apa sebenarnya Mubes itu???
Meurut Andi Sinapati (coster Mubes XI), Mubes adalah forum pengambilan tertinggi di TBM Calcaneus yang dilakukan setiap 1 kali setahun, dimana mubes tersebut mempunyai wewenang sebagai berikut: Mendengarkan dan mengevaluasi laporan Dewan Tinggi periode 2006 – 2007; Mendengarkan, menerima atau menolak laporan pertanggungjawaban Ketua Badan Pengurus; Menetapkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Aturan Penjelasan, Garis-garis Besar Haluan Organisasi dan Rekomendasi Organisasi; Memberhentikan Dewan Tinggi periode 2006 – 2007; Memberhentikan Ketua Badan Pengurus periode 2006 – 2007; Memilih serta menetapkan Dewan Tinggi periode selanjutnya; Memilih serta menetapkan Ketua Badan Pengurus periode selanjutnya; Memutuskan dan menetapkan sesuatu hal yang dianggap penting berkenaan dengan organisasi.
Salah satu hal yang menjadi perhatian pada Mubes kali ini adalah penentuan Pola Umum Jangka Panjang, dimana pola umum jangka panjang merupakan gambaran ideal organisasi dalam kurun waktu 3 tahun yang berpedoman pada Visi dan Misi organisasi. Pola umum jangka panjang ini akan dijabarkan oleh Pola Umum Jangka Pendek. Pola umum jangka pndek ini mempunyai fungsi dan kedudukan berupa: Pedoman penyusunan dan penyelenggaraan program kerja Badan Pengurus Tim Bantuan Medis Calcaneus FK Unhas; Pedoman bagi Badan Pengurus dalam merumuskan dan menetapkan langkah-langkah kebijaksanaan organisasi; Sebagai salah satu instrumen dalam mengontrol program kerja Badan Pengurus; Sebagai salah satu pedoman dalam mengevaluasi kepengurusan di akhir periode; Menjadi pedoman dan bahan acuan dalam periode kepengurusan berikutnya

logistic ZONE
Sebagaimana diketahui Divisi Logistik adalah divisi yang bertugas untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh organisasi. Peningkatan sarana dan prasarana ini merupakan salah satu amanat dari GBHO yang terkandung dalam program dasar. Hal ini juga terangkum dalam arah pola umum jangka panjang berupa meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana terutama di bidang kegawatdaruratan.
Untuk periode kepengurusan 2006/2007 diprioritaskan pada peningkatan penyediaan sarana dan prasarana terutama bidang kegawatdaruratan. Penyempuranaan sistem pengelolaan sarana dan prasarana dalam pelatihan dan pelayanan bantuan medis juga menjadi acuan program kerja bidang intern organisasi.
Untuk periode kepengurusan 2007/2008 diprioritaskan pada peningkatan kualitas pelatihan medis dan pelayanan bantuan medis terutama dalam bidang kegawatdaruratan. Dalam hal ini logistik mewujudkannya dalam bentuk Ruang Tindakan Khusus. Dimana tujuan dari ruang tidakan khusus ini adalah sebagai tempat untuk memberikan pelayanan medis dan sebagai wadah aplikasi ilmu anggota TBM Calcaneus FK UNHAS serta yang menjadi sasaran nya adalah civitas Akademika UNHAS dan warga yang ada di sekitar Lingkungan UNHAS
Untuk mewujudkan RTK ini, tentu saja membutuhkan kerja sama seluruh Calcaneusers, terutama dalam bentuk ide-ide kreatif untuk perbaikan-perbaikan ke depan yang kesemuanya mengarah ke satu tujuan yaitu “Jayalah TBM”.



Obat
Efedrine
Komposisi / sediaan : Efedrin HCl
Sediaan: tablet 25 mg dan ampul 1 ml (50 mg/ml)
Indikasi : Obstruksi saluran nafas reversibel, eneuresis nokturnal, kongesti nasal, edema neuropatik diabetik, norkolepsi
Kontraindikasi : Sulit tidur, tremor, penyakit jantung iskemik, hipertensi, tirotoksikosis, hipertrofi prostate
Efek samping : Insomnia,ansietas,gelisah, takikardi, tremor & sakit kepala.
Dosis :
Oral : Dewasa : 15 – 60 mg, 3x/ hr
Asma:
Dewasa : 3 – 6 mg dd 25 – 50 mg
Anak : 2 – 3 mg mg/kgBB/hari dlm 4 – 6 dosis
Tetes hidung lar sulfat 0,5 – 2 %
Dlm tetes mata 3 - 4 %
PERALATAN PENUNJANG
TALI KERN MANTEL
Merupakan peralatan dasar yang dipergunakan sebagai lintasan untuk pendakian (climbing) serta untuk evakuasi. Kern mantel terbuat dari serat nilon dengan diameter tali berkisar anatara 11, 10, atau 9 mm, dengan kemempuan menahan beban berkisar 2500 – 3000 kg.Berdasarkan sifatnya, kern mantel dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
 Kern mantel static; bersifat kaku, berwarna sederhana, dengan kelenturan 0,5 – 1 % dari beban yang diberikan.
 Kern mantel dinamic ; bersifat elastis, berwarna mencolok, dengan kelenturan 3 – 5 % dari beban yang diberikan

danus ZONE
Sebagaimana organisasi lainnya, TBM dalam melaksanakan kegiatannya perlu ditunjang oleh dana. Dalam rangka menunjang finansial TBM Calcaneus ke depan, maka dibentuk Biro Dana dan Usaha. Pendanaan organisasi merupakan program dasar dalam GBHO dan peningkatannya merupakan arah pola umum jangka panjang.
Peningkatan pendanaan organisasi merupakan prioritas kepengurusan periode 2005/2006, dan terus ditingkatkan oleh badan pengurus periode berikutnya. Hal ini diamandatkan oleh acuan program kerja bidang intern organisasi Pola Umum Jangka Pendek yang tertuang dalam GBHO.
Dalam menjalankan fungsinya Biro Dana dan Usaha selain malaksanakan kegiatannya sehari-hari berupa penjualan alat kedokteran, atribut organisasi, alat tulis menulis, baju OK, diktat kuliah dan voucher elektrolit juga membentuk suatu Unit usaha yang nantinya akan menjadi sumber pendanaan tetap organisasi.
Latar belakang dibentuknya unit Usaha adalah berdasarkan rekomendasi organisasi, hasil Musyawarah Besar XI TBM Calcaneus FK-UNHAS, dimana rekomendasi organisasi tersebut diatas diangkat karena berangkat dari permasalahan keuangan organisasi yang hampir setiap tahunnya organisasi hanya bisa memenuhi anggaran keuangan organisasi sekitar 1/3 dari seluruh kebutuhan keuangan organisasi. Untuk menyelesaikan permasalahan yang diatas maka dibutuhkan suatu sumber pendanaan tetap organisasi, dimana nantinya diharapkan organisasi TBM Calcaneus dapat mandiri dari segi keuangan dan juga dapat memberikan perkembangan yang lebih baik bagi organisasi kedepannya. Untuk melaksanakan program kerjanya Rabu kemarin, 14 Mei 2008 diadakan bazar Danus yang bertempat di Lapangan Kempo FK-UH



hubLu ZONE
Sebagaimana Logistik dan Danus, Divisi hubungan Luar dalam kesehariannya mmikul amanat dari GBHO. Dimana pada Program Dasar disebutkan bahwa salah satu orientasi kerja dalam mewujudkan visi dan misi organisasi adalah sosialisasi dan kerja sama eksternal. Salah satu arah pola umum jangka panjang berupa Meningkatkan sosialisasi dan kerja sama eksternal terutama di bidang kegawatdaruratan. Hal ini merupakan prioritas kepengurusan periode 2005-2006 dan menjadi acuan program kerja bidang ekstern organisasi berupa Pemeliharaan dan peningkatan hubungan kerjasama dengan instansi terkait dalam pelatihan medis utamanya di bidang kegawatdaruratan.Bentuk pelaksanaannya pada cawu III ini berupa pelatihan PPGD SMU dengan nama kegiatan “Save The Last Change”.
Acuan Program Kerja bidang ekstern lainnya adalah pelaksanaan dan peningkatan hubungan eksternal dalam rangka sosialisasi prosedur tetap tim medis. Hal ini berupa penjelasan
Dalam menjalankan sosialisasi, Divisi hubungan luar memanfaatkan fasilitas blogspot yang selain sebagai sarana sosialisasi dalam melaksanakan peningatan hubungan eksternal juga menjadi sumber informai bagi anggota tbm sendiri. Weblognya bernama www.tbmcalcaneusfkunhas.blogspot.com atau dengan nama domain lain dengan isi yang sama yaitu www.tbmcalcaneus.co.cc. Selain menggunakan fasilitas internet, untuk wilayah fakultas kedoteran ada papan Calcanews yang menyampaikan informasi seputar kegiatan TBM Calcaneus.


Sekret ZONE
Biro Kesekretariatan dalam hubungannya kesehariannya membantu Biro dan Divisi lainnya dalam hal administrasi. Biro Kesekretariatan membantu Sekretaris umum dalam menjalankan acuan program kerja berupa Pelaksanaan dan penyempurnaan sistem administrasi Organisasi.

banmed ZONE

Untuk periode kepengurusan 2007/2008 diprioritaskan pada peningkatan pelayanan bantuan medis terutama dalam bidang kegawatdaruratan. Hal ini diwujudkan dalam emergency Respon Prosedur yang juga merupakan salah satu arah pola umum jangka panjang dan mempunyai hubungan dengan sasaran pola umum jangka panjang berupa “TBM Calcaneus FK Unhas sebagai unit pelaksana pengembang bidang kegawatdaruratan pada tingkat institusi kegawatdaruratan di kota Makassar“.
Salah satu acuan program kerja bidang intern organisai adalah peningkatan kualitas manajemen tim medis terutama di bidang kegawat daruratan. Hal ini diperlihatkan dengan selalu ditingkatkannya manajemen pengiriman tim medis baik tim medis biasa maupun tim medis kegawatdaruratan dengan ditingkatkannya ERP.




diklat ZONE
Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas anggota TBM Calcaneus maka dibentuk Divisi Pendidikan dan Latihan. Diantara arah pola umum jangka panjang yang diemban oleh diklat berupa Mewujudkan dan melestarikan nilai-nilai organisasi, Meningkatkan manajemen organisasi yang profesional terutama di bidang kegawatdaruratan, Meningkatkan kualitas anggota terutama di bidang kegawatdaruratan.
Untuk menjalankan fungsinya Divisi Pendidikan dan Latihan senantiasa meningkatkan kualitas anggota diantaranya melalui pendidikan lanjutan beruapa COSTAE dan Pendidikan Khusus. peningkatan kemampuan dasar anggota terutama di bidang kegawatdaruratan dan kepencintaalaman merupakan prioritas badan pengurus periode 2006-2007 dan terus dilanjutkan oleh badan penerus setelahnya sebagaimana tertulis pada acuan pogram kerja bidang intern organisasi berupa Pelaksanaan dan penyempurnaan kurikulum terutama dibidang kegawat daruratan, Peningkatan pengontrolan kualitas anggota terutama di bidang kegawat daruratan.
Sebagai kelanjutan berita dari buletin sebelumnya mengenai DIKDAS XI yang mana Masa perkenalannya dilakukan pada 2-4 Februari 2008. TBM Calcaneus Menerima saudara baru dengan jumlah 60 orang dengan rincian 30 orang laki-laki dan 30 orang perempuan.










Maaf layoutnya tidak bagus
untuk hardcopynya silahkan hubungai Maikel (Calcaneus 010 503)

Tidak ada komentar: